23 Jul 2010

Lionel Messi Hibur Korban Gempa Haiti

STRIKER Argentina Lionel Messi tak sempat beristirahat setelah bertanding di Piala Dunia. Pemain Barcelona itu justru disibukkan dengan tugas sebagai duta lembaga PBB, United Nations Children's Fund (UNICEF). Dia mengunjungi Haiti untuk memberikan dukungan kepada korban gempa yang menerpa daerah itu pada Januari lalu.

Tugas tersebut menjadi agenda pertama Messi sebagai duta UNICEF. Setiba di Haiti, dia memilih menengok Carrefour Aviation, penampungan sekitar 50 ribu pengungsi. Tanpa rasa canggung sedikit pun, bintang Barcelona FC itu bercanda dan berbincang dengan anak-anak di sana. Dia terlihat sangat prihatin dengan nasib yang menimpa anak-anak tersebut.

''Pada perkembangannya, lebih dari 1,2 juta anak-anak di negara ini justru lebih dikenal karena eksploitasi dan kekerasan terhadap mereka. Sebanyak 800 ribu di antaranya hidup di tenda-tenda tanpa sanitasi dan air bersih. Selain itu, fasilitas pendidikan dan kesehatan minim,'' papar Messi kepada situs resmi UNICEF.

Maklum, kenyataan tersebut tak pernah dia jumpai sebelumnya. Kini anak-anak itu justru berada di hadapannya. Setelah menjenguk tenda darurat tersebut, dia menyempatkan diri mengunjungi satu-satunya rumah sakit yang selamat dari gempa bumi di Port-au-Prince, RS Reubicable. Dia juga dijadwalkan mengikuti pertandingan amal di Panama.

Pemain terbaik dunia tersebut juga mengunjungi perwakilan Argentina di PBB pada misi stabilitas Haiti (MINUSTAH). Tim itu bertanggung jawab memberikan bantuan medis di Haiti.

Messi memang baru saja ditunjuk menjadi duta UNICEF pada 11 Maret lalu di Barcelona. Sebagai duta, dia bertugas ikut dalam serangkaian acara yang menyorot berbagai tantangan anak-anak di seluruh dunia. Dia juga membantu penegakan hak-hak anak. Kerja sama antara UNICEF dan Messi dilakukan melalui yayasan milik Messi yang membantu anak-anak muda kurang beruntung di Argentina.

Selain Messi, UNICEF memberikan gelar serupa kepada pesohor dunia lainnya. Di antaranya, bintang sepak bola asal Inggris David Beckham, penyanyi dan musisi Shakira, aktor Orlando Bloom, serta Ratu Rania Al-Abdullah dari Jordan.

Sumber : http://www.jawapos.com/sportivo/index.php?act=detail&nid=145845

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagaimanakah tanggapan Anda tentang hal ini.
Silahkan menuliskan komentar Anda pada opsi Nama/URL, lalu tulis nama anda dan URL blog/website anda pada kotak yang tersedia.

Jika anda tidak punya blog/website, kolom URL boleh dikosongi.