16 Jul 2010

Chris John Akhirnya Gantung Sarung

Chris John akhirnya Pensiun, Setelah Laga Kontra Saucedo Tertunda Lagi

JAKARTA - Berita mengejutkan dari dunia tinju tanah air. Chris John, petinju tersukses Indonesia, pada hari Rabu (14/7) memutuskan pensiun. Dia mengambil keputusan itu saat menyandang gelar super champions kelas bulu (57,1 kg) WBA.

Chris John mendadak mengeluarkan keputusan mengejutkan.

Tidak ada komentar langsung dari Chris soal keputusannya gantung sarung. Adalah istri Chris, Anna Maria Megawati, yang mengungkapkan itu . Melalui istrinya, Anna Maria Megawati, petinju bergelar Super Champions kelas bulu versi WBA menyatakan gantung sarung tinju.

''Benar, Chris John sudah resmi pensiun. Itu adalah janjinya sejak lama kepada saya dan anak-anaknya,'' ucap ibu dua anak itu saat dihubungi tadi malam. ''Ini rencana Tuhan. Kalau Tuhan sudah berkehendak, kita tidak bisa melawan,'' lanjutnya.

Selain masih dalam masa emas, belum sekali pun dia kalah. Hal lain yang membuat keputusan pensiun itu begitu mengejutkan adalah rencana pertarungannya melawan David Saucedo pada 26 Juli mendatang. Kabar itu memang bak petir di siang bolong. Sebab, petinju bernama lengkap Yohannes Christian John itu beberapa hari terakhir ini tengah sibuk mempersiapkan pertarungan pilihan (choice) kontra Fernando David Saucedo. Pertarungan itu sebenarnya direncanakan Mei lalu, namun mundur karena Chris mengalami cedera bahu.

Nah, jadwal pertarungan pada 26 Juli di Pacific Place, Jakarta mendatang ternyata juga mundur. Chris bahkan menghadap Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo di balai kota untuk meminta dukungan kepadanya.

Setelah kunjungan itu, ada kabar mengejutkan dari asisten manajernya, Tony Priatna. Dia menyatakan, duel tersebut ditunda karena Chris menderita cedera rusuk. ''Kami sudah melaporkan pembatalan duel itu kepada WBA. Ini semua (terjadi) karena masalah teknis,'' kata Tony.

Penjelasan Tony itu cukup janggal. Sebab, kalau kondisi Chris tidak memungkinkan, mengapa mereka menghadap Fauzi Bowo. Bisa jadi, ada masalah lain selain cedera rusuk yang membuat batal pertarungan itu.

Kali ini duel petinju berjuluk The Dragon itu memang sarat masalah. Selain rangkaian cedera, dia dihadapkan masalah keuangan. Beberapa waktu lalu Zaenal Thayib, yang menjadi promotor awal, mengundurkan diri. Posisi Zaenal kemudian digantikan A.M. Hendro Priyono.

Hal itu juga dibenarkan Anna. ''Saya melihat manajemennya memang kurang bagus, terutama soal kontrak dan bayaran. Tapi, kalau sekarang Chris memutuskan pensiun, itu tidak ada kaitannya dengan pertandingan,'' tandas ibu dari Maria Luna Ferisha dan Maria Rosa Christiani itu.

Anna sendiri menyatakan bahwa suaminya telah membuat deadline sendiri terkait dengan pertarungan itu. ''Kalau pertarungan ini batal sekali lagi, dia tidak akan kembali naik ring. Dan, saya berdoa setiap hari untuk itu,'' ungkapnya.

Anna menyatakan sangat khawatir dengan cedera rusuk yang diderita suaminya. Menurut Anna, saat pulang ke Semarang Senin lalu (12/7), Chris sering mengeluhkan sakit. Padahal, sebelum pulang Chris sudah melakukan checkup di salah satu rumah sakit di Jakarta.

"Ini sudah menjadi kehendak Tuhan. Saya tidak menghendaki suami saya pensiun dalam keadaan terlalu parah," ungkap wanita yang tinggal di Semarang itu. "Saya selalu mengingatkan Chris agar tidak selalu mengejar materi. Anak-anak mulai tumbuh, mereka juga butuh kasih sayang," lanjutnya.

Keputusan Chris pensiun bakal menjadi kehilangan besar bagi dunia olahraga tanah air. Sebab, dia adalah salah seorang yang mampu tampil di pentas dunia. Tidak hanya jago kandang, Chris bahkan dua kali mempertahankan gelarnya di Amerika Serikat. Kiblat tinju profesional yang menjadi jujukan petinju-petinju terbaik di dunia.

Sementara itu, Chris John sendiri belum bisa dimintai keterangan mengenai pengunduran dirinya yang memiliki rekor tanding 43 kali menang (22 KO/TKO) dan seri dua kali itu. Begitu juga dengan jajaran manajemennya, seperti manajer sekaligus pelatihnya Craig Christian, Tony Priatna, maupun AM. Hendro Priyono yang menyatakan bakal menjadi promotor laga kontra Saucedo itu.

---------------------------------------------------------------------------

Kronologi Chris v Saucedo

- Setelah menang atas Rocky Juarez di Las Vegas, Amerika Serikat (AS) pada 19 September 2009, Chris bisa melakukan pertarungan pilihan (choice).

- Chris John dijadwalkan naik ring April lalu. Karena belum ada kepastian siapa lawannya, pertarungan itu tertunda. Tapi, April dia sudah berangkat ke Perth, Australia, untuk berlatih di Harry's Gym.

- Petinju asal Banjarnegara itu akhirnya mendapatkan Fernando David Saucedo dari Argentina sebagai lawan. Dia adalah penantang peringkat ke-15 WBA. Duel itu dijadwalkan berlangsung pada 22 Mei di Bali dengan promotor Zaenal Thayeb.

- Pertarungan itu diundur karena Chris mengalami cedera bahu saat berlatih di Bali pada 29 April lalu.

- Setelah Chris pulih, duel dijadwalkan ulang pada 26 Juli di Pacific Place, Jakarta. Pemindahan tempat itu membuat Zaenal Thayeb mengundurkan diri sebagai promotor.

- Chris John tiba di Jakarta pada 29 Juni dan mulai berlatih. Dia difokuskan untuk melakukan sparring partner.

- Jenderal (purn) A.M. Hendro Priyono diperkenalkan sebagai promotor pengganti Zaenal Thayeb pada 9 Juli.

- Pada 14 Juli Tony Priatna menyatakan duel kembali mundur karena Chris menderita cedera rusuk kanan.

- Pada 14 Juli malam Anna Maria Megawati, istri Chris, menyatakan suaminya gantung sarung tinju.

---------------------------------------------------------------------------

Biodata

Nama lengkap :Yohannes Christian John

Julukan : The Dragon

Gelar juara dunia :WBA

Tinggi : 171 cm

Lahir : Banjarnegara, 14 September 1979

Gaya : Ortodoks

Pelatih/manajer : Craig Christian

Debut juara : 26 September 2003 di Bali, WBA interim, menang angka tipis saat menantang Oscar Leon (Kolombia)


Rekor bertanding

Total pertandingan : 44

Menang : 42

Menang KO/TKO : 22

Kalah : 0

Draw : 2

---------------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagaimanakah tanggapan Anda tentang hal ini.
Silahkan menuliskan komentar Anda pada opsi Nama/URL, lalu tulis nama anda dan URL blog/website anda pada kotak yang tersedia.

Jika anda tidak punya blog/website, kolom URL boleh dikosongi.