18 Jul 2010

Diego Forlan Masih Sesali Kegagalan Eksekusi

KALAU saja eksekusi tendangan bebas Diego Forlan pada masa injury time tak membentur mistar gawang, mungkin Uruguay-lah yang akan memenangkan duel perebutan tempat ketiga. Kegagalan itu pun disesali Forlan. Sebab, jika bola tak membentur mistar, dia tak hanya menjaga peluang Uruguay untuk mengamankan posisi tiga besar, tapi koleksi golnya di Piala Dunia 2010 juga akan bertambah menjadi enam. "Hanya satu hal kecil yang hilang dari tendangan bebas itu," ungkap Forlan seperti dilansir Associated Press.

Terlepas dari kegagalan Forlan menyamakan skor, penyerang Atletico Madrid tersebut sudah memberikan capaian besar untuk negaranya. Dia menceploskan lima gol dan berpeluang menjadi top scorer.

Saat ini, dengan tiga pemain lainnya -striker Jerman Thomas Mueller, David Villa (Spanyol), dan Wesley Sneijder (Belanda)- Forlan sama-sama mengemas lima gol.

Bedanya, Villa dan Sneijder masih memiliki peluang menambah gol pada laga dini hari tadi. Bila tidak, mereka berempat akan menjadi pemilik bersama gelar sepatu emas.

"Bagi timnas Uruguay, Forlan adalah pemain yang sangat penting. Dia merupakan pemain paling top bagi kami. Dia mempersembahkan segalanya. Dia telah menjadi pemimpin di lapangan dan kami nyaris tak bisa apa-apa tanpa dia," kata Oscar Tabarez, pelatih Uruguay.

Kendati memiliki peran penting, Forlan bukanlah sosok yang egois. Dia rela bermain pada posisi yang bukan seharusnya demi Uruguay. Kalau biasanya bermain sebagai ujung tombak, selama Piala Dunia 2010, dia terkadang beroperasi di lini tengah.

Sedangkan pos lini depan diberikan kepada Luis Suarez dan Edinson Cavani. Ternyata, dengan posisi baru itu, pemain yang mencetak 29 gol bagi Uruguay tersebut tetap moncer. Bahkan, Tabarez bilang Forlan masih pantas main di Piala Dunia 2014.

Padahal, saat itu dia berusia 35 tahun. "Semuanya bergantung Forlan. Secara fisik, tidak ada masalah. Dia akan menjaga dirinya dengan baik dan sulit menghentikan dia. Dia punya peran penting dalam tim," jelas Tabarez. (ham/c10/bas)

------------------------------------

Statistik Forlan di Afrika Selatan

Tampil 7 kali

Total menit 654

Total passing 237

Total gol 5

Kartu kuning 0

Kartu merah 0


sumber :
http://www.jawapos.co.id/halaman/index.php?act=detail&nid=144746

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagaimanakah tanggapan Anda tentang hal ini.
Silahkan menuliskan komentar Anda pada opsi Nama/URL, lalu tulis nama anda dan URL blog/website anda pada kotak yang tersedia.

Jika anda tidak punya blog/website, kolom URL boleh dikosongi.