25 Jul 2010

Arif Suyono, Gelandang Sriwijaya FC Asal Batu

Tunggu Anak Pertama, Ingin Bela Klub Malang Lagi

Akhir musim bisa menjadi saat mendebarkan bagi para pesepak bola. Pada waktu seperti itulah, masa depan mereka ditentukan. Didepak, dipertahankan, atau sekadar diambangkan, semua bisa terjadi pada mereka. Arif Suyono kian berdebar karena sedang menanti anak pertama.

RACHMAD SETIAWAN, Surabaya

---------------------------------------------------------------------

DALAM deret nama pesepak bola lokal, Arif Suyono tergolong pemain bintang. Selain karena permainan yang stabil dan impresif, dia menjadi bagian penting dari tim nasional Indonesia.

Tak mengherankan, pemain asal Batu, Jawa Timur, tersebut kerap menarik perhatian lawan saat bertanding. Meski demikian, belum tentu Arif laris manis di musim transfer mendatang.

Hingga Indonesian Super League (ISL) 2009-2010 usai dan Piala Indonesia menyisakan beberapa pertandingan, tak banyak klub yang memberikan tawaran bergabung kepada Arif. ''Belum ada yang kontak. Tapi, saya fokus dulu di Piala Indonesia bersama Sriwijaya FC (klubnya sekarang, Red),'' kata Arif kemarin (19/7).

Kalaupun ada, Persema Malang adalah salah satu tim yang dirumorkan meminatinya. Hanya, hal tersebut masih jauh dari kepastian karena Arif masih ingin fokus membela timnya saat ini di Piala Indonesia.

Namun, tak dimungkiri bahwa Arif tak terlalu risau. Pemain kelahiran 1984 itu yakin tidak akan menganggur di musim depan. Pemain yang akrab disapa Keceng tersebut memang butuh keyakinan semacam itu ketika menatap tantangan musim depan.

Arif yang saat ini berusia 26 tahun tak mengharapkan hal muluk atas perkembangan karirnya. Agar bisa terus bertahan di jajaran atas persaingan pemain lokal, dia hanya ingin mempertahankan performanya. ''Saya cuma ingin bisa bermain stabil,'' ungkapnya.

Dengan bermain stabil, lanjut dia, setidaknya keberadaannya sebagai pemain inti dan pemain timnas akan tetap bertahan pula.

Di sisi lain, beberapa bulan mendatang, tanggung jawab dan kebahagiaan Arif bertambah. Sebab, mantan pemain Persema dan Arema tersebut sedang menunggu lahirnya anak pertama.

''Sekarang istri saya mengandung tujuh bulan anak pertama kami,'' ungkap suami Laily Maziah itu.

Karena itu pula, saat libur Arif kerap menyempatkan diri untuk pulang ke Batu. Mengingat jauhnya perjalanan dari Palembang menuju Batu, bukan sembarang liburan yang bisa diluangkan untuk pulang. Dia tidak bisa pulang begitu saja karena libur latihan bersama Sriwijaya hanya sehari.

''Ya, setidaknya kalau ada libur dua atau tiga hari saya selalu minta izin untuk pulang ke Batu,'' tambah mantan pemain Arema tersebut.

Keberadaan keluarga itu pula yang masih menyiratkan satu keinginan atas perjalanan karir Arif. Yakni, kembali bermain untuk tim asal Malang.

''Siapa yang tidak ingin bermain di daerah sendiri,'' tambah gelandang sayap tersebut.

Selain dekat dengan keluarga, Arif merasakan dukungan suporter Malang sangat membantu karirnya. Dia mengakui bahwa dukungan suporter kerap membakar semangatnya.

--------------------------------------------------------------------


Biodata

Nama: Arif Suyono

Lahir: Batu, 3 Januari 1984

Tinggi: 174 cm

Posisi: Gelandang sayap


Klub

SSB Unibraw 82 Malang

PS Putra Jaya Batu

Arema Jr

Persema Jr

Persema Malang

Arema Malang

Sriwijaya FC


Timnas

Timnas U-19

Timnas U-23

Timnas Senior


Sumber : http://www.jawapos.co.id/sportivo/index.php?act=detail&nid=146085

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagaimanakah tanggapan Anda tentang hal ini.
Silahkan menuliskan komentar Anda pada opsi Nama/URL, lalu tulis nama anda dan URL blog/website anda pada kotak yang tersedia.

Jika anda tidak punya blog/website, kolom URL boleh dikosongi.