19 Jul 2010

Gyan untuk Ganti Torres

LIVERPOOL - Fernando Torres memang belum hengkang dari Liverpool. Namun, pelatih anyar Roy Hodgson sudah membuat rencana cadangan jika bintang asal Spanyol itu benar-benar meninggalkan Anfield, markas Liverpool, musim depan. Dia mengincar penyerang Ghana Asamoah Gyan sebagai pengganti Torres.


Gyan memang gagal mengantar The Black Stars -sebutan Ghana- ke semifinal Piala Dunia 2010. Salah satu penyebabnya, dia gagal menaklukkan kiper Uruguay Fernando Muslera pada menit terakhir perpanjangan waktu perempat final. Namun, tidak bisa dimungkiri, striker Rennes itu merupakan salah satu rising star. Namanya bahkan masuk daftar kandidat penerima penghargaan Golden Ball.

"Gyan merupakan salah satu target saya. Dia adalah pengganti yang sempurna untuk Fernando Torres," ujar Hodgson sebagaimana dilansir News of the World.

"Artinya tentu bukan Torres akan pergi. Tapi, kami harus mengantisipasi segala kemungkinan buruk," tambah pengganti Rafael Benitez tersebut.

Berdasar kabar yang dilansir media-media Prancis, pasaran harga Gyan sebenarnya hanya di kisaran EUR 7 juta atau setara dengan Rp 79,8 miliar. Namun, dengan performanya yang menawan sepanjang Piala Dunia, Rennes bakal mengatrol banderolnya menjadi tiga kali lipat. Yakni, kisaran GBP 20 juta atau Rp 272 miliar.

Di sisi lain, manajemen Liverpool, tampaknya, masih enggan melepas Torres. Meskipun, si bintang beberapa kali mengisyaratkan ingin pindah. Mereka mematok harga yang sangat tinggi buat penyerang yang belum mencetak satu gol pun di Piala Dunia 2010 tersebut.

Menurut Daily Mail, Torres hanya akan dilepas dengan harga fantastis, yakni GBP 100 juta (sekitar Rp 1,36 triliun). Kalau ada yang melego dengan harga tersebut, Torres memecahkan rekor transfer termahal yang selama ini dipegang bintang Real Madrid Cristiano Ronaldo.

"Sepertinya, Liverpool berusaha memberikan harga yang sangat tinggi agar Fernando (Torres) tidak terjangkau klub-klub lain. Mereka (Liverpool, Red) mencoba menunjukkan bahwa Torres tidak akan pergi ke mana-mana," ungkap seorang sumber dari dalam klub kepada Daily Mail.

Hodgson kini repot meyakinkan skipper Steven Gerrard untuk bertahan di Merseyside. Meskipun, ada kabar bahwa gelandang 29 tahun itu ingin mengikuti langkah eks pelatihnya, Jose Mourinho, yang kini menangani Real. Menahan Torres di Liverpool juga menjadi bagian dari membangun tim yang diimpikannya bersama Gerrard.

"Salah satu yang menginginkan Torres adalah Manchester City. Tapi, Torres tak akan ke sana. City bukan klub yang bisa mewujudkan keinginannya, yakni mahkota Liga Champions," tambah sumber tersebut.

Kalau Liverpool berminat membeli Gyan, klub rivalnya Manchester United, sama sekali tidak ingin jor-joran di bursa transfer musim panas ini. Bahkan, Manajer United Sir Alex Ferguson sudah membantah saat United dikaitkan dengan beberapa nama.

Ya, dalam beberapa pekan terakhir, nama tenar seperti Mesut Oezil dan Wesley Sneijder dikaitkan dengan Setan Merah (julukan United). "Saya yakin, tim kami masih kuat seperti musim lalu, kami akan memberi sesuai kebutuhan," kata Ferguson, kepada Daily Mail.

United memang melakukan pendekatan yang berbeda dengan klub satu kotanya Manchester City. Pada bursa transfer musim panas ini, klub tersebut berencana memboyong beberapa nama besar seperti David Silva, Edin Dzeko, dan Alexander Kolarov.

sumber : http://www.jawapos.com/sportivo/index.php?act=detail&nid=144737

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagaimanakah tanggapan Anda tentang hal ini.
Silahkan menuliskan komentar Anda pada opsi Nama/URL, lalu tulis nama anda dan URL blog/website anda pada kotak yang tersedia.

Jika anda tidak punya blog/website, kolom URL boleh dikosongi.