28 Jun 2010

Indonesia Ikut Pameran FIFA

JOHANNESBURG - Selama berlangsungnya perhelatan piala dunia (PD) di Afrika Selatan (Afsel), FIFA bekerjasama dengan sponsor-sponsor resmi, menggelar FIFA Fan Festival, yang salah satu acaranya adalah memasang layar lebar untuk nonton bareng. Di Centurion, Johannesburg, acara seperti itu juga dimeriahkan dengan pameran produk-produk unggulan dari negara-negara lain. Indonesia termasuk ikut dalam acara tersebut.

Stan Indonesia diapit Palestina dan Kenya. Umumnya yang ikut dalam pameran itu adalah negara-negara bukan kontestan piala dunia. "Negara kami tidak ikut piala dunia. Tapi kami ikut pameran ini," kata Najeeb, seorang penjaga stan Palestina.

Negara yang sedang berkonflik dengan Israel itu menampilkan foto-foto perjuangan rakyat Palestina, sekaligus memperkenalkan makanan semacam kebab yang didominasi daging kambing. Di stan tersebut, juga dipraktekkan cara membuat kue seperti kebab itu. Beberapa kerajinan semacam kain tenun dan anyaman bertuliskan Palestina, juga dipamerkan di sana.

Sedangkan Indonesia, lebih menampilkan foto aneka produk furniture. "Furniture asal Indonesia semakin disukai di sini. Hanya saja, banyak pengusaha furniture dari Indonesia yang (masih) tidak tahu," kata Ali Hasan, Deputy Director di Indonesian Trade Promotion Centre (ITPC).

Selain foto-foto produk furniture, di stan Indonesia itu juga dipajang beberapa produk buatan Indonesia. Ada bola untuk sepak bola buatan sebuah pabrik di Surabaya. Ada juga aki buatan Krian, Sidoarjo, Jawa Timur. "Bola dan aki ini, sudah mulai dipasarkan di sini," kata Ali yang sudah empat tahun bertugas di ITPC Johannesburg ini.

Berbagai objek wisata menarik di Indonesia juga dipajang di stan itu melalui brosur-brosur yang disediakan. Mulai dari Bali, Tangkuban Perahu, Candi Borobudur, Danau Toba, serta beberapa tempat wisata lain. "Sudah tiga hari pameran, yang datang ke stan kami mencapai puluhan orang. Yang dari Indonesia baru Anda yang datang," kata Ali pula.

sumber : jawapos

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagaimanakah tanggapan Anda tentang hal ini.
Silahkan menuliskan komentar Anda pada opsi Nama/URL, lalu tulis nama anda dan URL blog/website anda pada kotak yang tersedia.

Jika anda tidak punya blog/website, kolom URL boleh dikosongi.