1 Agu 2010

Bintang-Bintang Dunia Yang Bergabung Di Klub Papan Tengah dan Bawah Liga Premier

Pemain-pemain besar dunia seringkali tertarik dengan Liga Inggris. Uniknya mereka bergabung tidak hanya di klub big-four saja, tapi juga di klub-klub yang lebih kecil.
Juan Roman Riquelme adalah nama terakhir yang siap merasakan aroma liga Inggris -dari sisi yang lebih bawah.

Salah satu andalan tim nasional Argentina beberapa tahun lalu ini -tampil 69 kali-, ia juga menjalani musim yang sukses dengan Villareal, seringkali dihubungkan dengan tim-tim besar liga Premier. Tapi yang terjadi malah, kini ia sangat dekat dengan West Ham. Riquelme siap bergabung dengan gerakan 'Avram Grant Evolution'. Sebuah transfer yang -jika terjadi- akan mengejutkan banyak pihak.

Tapi ini bukan yang pertama kalinya terjadi di Liga Premier. Sempat ada beberapa pemain besar yang rela bermain di klub-klub papan tengah -bahkan bawah- demi merasakan atmosfer Liga Inggis.

Mari melihat sedikit ke belakang and here's a few of them:




1. Javier Mascherano dan Carloz Tevez (West Ham United)
Ketika West Ham mengumumkan mereka berhasil mendatangkan duet Mascherano dan Tevez dari Corinthians dengan harga sekitar 30 Juta Pound, dunia sepakbola terkejut. Tapi itulah faktanya, duo Argentina ini sempat menjalani musim bersama West Ham.
Mascherano tidak begitu berhasil. Ia tidak mampu bertarung bersama di lini tengah West Ham dan memaksa timnya terdampar di papan bawah Liga -bahkan nyaris degradasi. Ia pun akhirnya dipinjamkan ke Liverpool.
Dengan Carlos Tevez, ceritanya jauh berbeda. Sang striker menjadi pahlawan-penyelamat West Ham dari ancaman degradasi. Masih ingat gol-nya ke gawang Manchester United di hari terakhir Liga Premier? The Hammers mengalahkan sang juara di kandangnya dan mereka lepas dari degradasi. Musim berikutnya, Tevez pindah ke United. Untuk kemudian pindah lagi ke Manchester City hingga sekarang.



2. Gaizka Mendieta (Middlesborough)
Mendieta sempat menjalani musim-musim sepakbolanya bersama tim-tim besar Eropa di Spanyol dan Italia. Ia bermain untuk Barcelona, Lazio, dan kemudian Valencia. Tahun 2003, ia memutuskan untuk pindah ke Inggris. Klubnya? Middlesborough.
Pemain Spanyol ini akhirnya menghabiskan waktu 5 tahun berjuang bersama The Boro. Sayangnya, ia justru tidak tampil pada pencapaian tertinggi mereka: Final Piala UEFA 2006.
Tahun 2008, kontraknya akhirnya selesai dan tidak diperpanjang, ia oun pensiun dari sepakbola setelah 17 tahun berkarir.




3. Michel Salgado (Blackburn Rovers)
Ia sempat bermain selama 10 tahun di Santiago Bernebeu, dan praktis itu membuatnya menjadi salah satu legenda Real Madrid. Tapi di Inggris, ia hanya mampu bergabung dengan Blackburn Rovers.
Bermain 250 kali untuk tim sekelas Madrid dan menjalani 53 caps untuk tim nasional-nya, jelas tidak banyak yang menyangkan Salgado harus menghabiskan masa-masa akhir karirnya di papan bawah Liga Premier. But, that's what happen now.




4. Edwin Van Der Sar (Fulham)
Sebelum kini menjadi salah satu kiper paling hebat yang pernah dimiliki Manchester United, Van Der Sar sempat bertualang di Liga Eropa lainnya bersama Ajax dan Juventus. Sebelum akhirnya pindah ke Liga Premier.
Tapi ingat, United bukan klub pertamanya. Tahun 2001, Fulham secara mengejutkan berhasil mendatangkan salah satu kiper terbaik di dunia ini ke Craven Cottage. Ia memutuskan untuk pindah setelah gagal bersaing dengan Gianluigi Buffon.
VDS menghabiskan 4 tahun bersama Fulham, bermain 127 kali. Sebelum akhirnya ia pindah ke Old Trafford dan mulai kembali mengoleksi trofi.




5. Edgar Davids (Tottenham Hotspur)
Oke. Spurs saat ini memang sudah termasuk tim 'empat-besar'. Tapi tidak seperti ini keadaanya ketika Davids bergabung. Gelandang asal Belanda ini sempat bermain untuk Ajax, Juventus, dan Inter sebelum akhirnya bergabung ke White Hart Lane.
Martin Jol -manajer Spurs ketika itu- membutuhkan satu bintang berpengalaman untuk membimbing anak-anak muda dalam skuadnya. Hasilnya tidak terlalu buruk, Spurs finis di posisi kelima. Dan mereka sempat bertarung untuk posisi Liga Champions hingga hari terakhir musim.




6. Fernando Hierro (Bolton Wanderers)
Lagi-lagi dari Real Madrid. Kali ini lebih mengejutkan. Hierro adalah kapten di Santiago Bernebeu. Ia memutuskan untuk pindah ke Inggris. Dan bermain di Bolton.
5 gelar La Liga, 3 gelar Liga Champions, 439 penampilan mewarnai CV-nya selama 14 tahun bertarung di Real Madrid. Dan di akhir karirnya, ia harus bertarung bersama Bolton untuk menghindari degradasi.
Dan kiprahnya bersama Bolton memang singkat. 29 penampilan dan satu gol. Tapi tetap saja, kepindahannya ini menjadi salah satu transfer paling mengejutkan yang pernah terjadi.




7. Youri Djorkaeff (Bolton Wanderers)
Reebok Stadium kembali menunjukkan magnetnya -entah mengapa. CV Djorkaeff cukup gemilang. Juara Dunia 1998 kemudian dilanjutkan Juara Eropa 2000 bersama tim nasional Prancis. Namun sepertinya masih kurang untuk bisa bergabung dengan tim papan atas. Ia pun bermain bersama Bolton.
Sempat bermain dan meraih juara Piala UEFA tahun 1998 bersama Inter Milan, Djorkaeff bergabung bersama Bolton tahun 2002-2004. Bermain 75 kali dan mencetak 20 gol. Cukup impresif. Kemudian ia pindah ke Blackburn (lagi-lagi klub papan bawah...), sebelum akhirnya memutuskan untuk bergabung dengan New York Red Bulls di Amerika Serikat.




8. Christophe Dugarry (Birmingham City)
Satu lagi anggota skuad juara dunia Prancis terdampar di papan bawah Liga Premier. Setelah sempat bermain bersama Barcelona dan Milan, Dugarry didatangkan untuk menyelamatkan Birmingham dari zona degradasi.
Berstartus pinjaman dari Bordeaux, Dugarry tampil hebat. Mencetak lima gol dari lima penampilannya bersama Birmingham, dan berhasil 'menyelamatkan' klub tersebut dari jurang degradasi. Musim berikutnya, ia dikontrak permanen oleh Birmingham. Hasilnya? Satu gol dari 15 pertandingan. Mengecewakan.

Jadi siapa selanjutnya menyusul? Riquelme sudah selangkah laggi bergabung dan satu rumor lagi yang sempat beredar kencang belakangan adalah: Raul Gonzales. Ia diperebutkan antara Spurs dan Newcastle United. We'll just wait and see.

sumber : supersoccer.co.id/liga-inggris/ulasan/content/read/bintang-bintang-dunia-yang-bergabung-di-klub-papan-tengah-dan-bawah-liga-premier/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagaimanakah tanggapan Anda tentang hal ini.
Silahkan menuliskan komentar Anda pada opsi Nama/URL, lalu tulis nama anda dan URL blog/website anda pada kotak yang tersedia.

Jika anda tidak punya blog/website, kolom URL boleh dikosongi.