8 Agu 2010

Beberapa Nomor Keramat Di Liga Inggris

Berikut ini adalah nomor-nomor ikon pada klub sepak bola Inggris, malahan ada nomor yang sudah di ‘keramatkan’ alias sudah tak bisa dipakai lagi, untuk menghormati mantan pemain yang pernah menggunakan nomor tersebut.

      1. Chelsea  # 25



Pernah digunakan oleh: Gianfranco Zola
Siapa yang kini menggunakannya? Nomor tersebut telah ‘dipensiunkan’, untuk menghormati pengaruh Zola selama dirinya memperkuat The Blues pada pertengahan tahun 90an. Tak ada seorangpun yang mampu mencetak gol yang sama, seperti yang pernah dicetaknya. Nomornya tak tergantikan.


      2. West Ham # 6



Pernah digunakan oleh: Bobby Moore
Siapa yang kini menggunakannya? Telah diingatkan oleh George McCatrney, mantan pemain West Ham, bahwa klub telah ‘mempensiunkan’ nomor tersebut untuk menghormati mantan Kapten mereka tersebut.


       3. Everton # 9




Pernah digunakan oleh: Dixie Dean, Duncan Ferguson, Tommy Lawton, Graeme Sharp
Siapa yang kini menggunakannya? Dixie Dean adalah pemain Everton pertama yang menggunakan nomor tersebut, saat ini nomor tersebut digunakan oleh pemain pendatang baru asal Amerika Serikat, Landon Donovan, yang membuat debut yang baik di Goodison. Everton hanya sekali kalah, di lima pertandingan yang diikutinya.


        4. Manchster City # 23




Pernah digunakan oleh: Mark Vivien-Foe
Siapa yang kini menggunakannya? Nomor tersebut telah ‘dipensiunkan’ setelah kematian tragis dari pemain timnas Kamerun itu, yang meninggal pada saat laga internasional di Piala Konfederasi FIFA.


       5. Tottenham # 10







Pernah digunakan oleh: Glenn Hoddle, Gary Lineker, Jimmy Greaves
Siapa yang kini menggunakannya? Sekarang nomor tersebut kosong, tapi hanya sampai akhir musim saja. Robbie Keane saat ini sedang dipinjamkan di Celtic, mengingat catatan golnya pada klub, dirinya akan segera bergabung dengan legenda nomor 10 ‘Lilywhites’.


       6. Arsenal # 6



Pernah digunakan oleh: Tony Adams
Siapa yang kini menggunakannya? Saat ini sedang kosong, setelah sebelumnya digunakan oleh Philippe Senderos, yang gagal dicap sebagai Tony Adams.


       7. Manchester United # 7





Pernah digunakan oleh: George Best, Eric Cantona, David Beckham, Cristiano Ronaldo
Siapa yang kini menggunakannya? Selalu digunakan oleh pemain ikon, saat ini digunakan oleh Michael Owen. Striker timnas Inggris tersebut gagal menyamakan kehebatan dari pemain-pemain yang sebelumnya menggunakan nomor tersebut.


       8. Liverpool # 7



Pernah digunakan oleh: Kenny Dalglish, Kevin Keegan
Siapa yang kini menggunakannya? Sama halnya dengan United, nomor 7 telah identik dengan pemain terbaik di tim ini. Beberapa tahun terakhir, nomor tersebut telah digunakan oleh beberapa pemain sepeti Harry Kewell dan yang terbaru adalah Robie Keane.


       9. Newcastle # 9







Pernah digunakan oleh: Alan Shearer, Les Ferdinand, Andy Cole, Jackie Milburn, Albert Stubbins
Siapa yang kini menggunakannya? Saat ini sedang kosong, nomor 9 di kaos hitam putih pernah dipakai oleh para pencetak gol terbaik dunia, pernah ditawarkan kepada pemain baru asal Coventry, Leon Best, namun dirinya menolak untuk menggunakannya.


   10. Leeds # 4



Pernah digunakan oleh: Billy Bremner, David Batty
Siapa yang kini menggunakannya? Pada tahun 70an, saat menggunakannya, David Batty melakukan tackling keras yang sangat terkenal. Saat ini nomor tersebut digunakan oleh gelandang pinjaman dari Coventry, Michael Doyle.


 Nomor-nomor di atas adalah nomor-nomor ‘cantik’ di masing-masing klub, biasanya pemain saat ini yang diijinkan mendapatkan nomor kehormatan tersebut setidaknya diramalkan bisa menyamai para pendahulunya. Terkadang, nomor tersebut menjadi beban, apabila penampilan yang diharapkan jauh dari penampilan para pendahulunya, karena mau tidak mau, pasti akan dibanding-bandingkan.

Bukan jaminan memang, yang menggunakan nomor-nomor keramat tersebut pasti tampil baik seperti pendahulunya. Tapi hal itu sudah merupakan sugesti tersendiri, dan pemain yang menggunakannya mau tidak mau, harus siap.

sumber :
supersoccer.co.id/liga-inggris/ulasan/content/read/nomor-keramat-di-inggris/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagaimanakah tanggapan Anda tentang hal ini.
Silahkan menuliskan komentar Anda pada opsi Nama/URL, lalu tulis nama anda dan URL blog/website anda pada kotak yang tersedia.

Jika anda tidak punya blog/website, kolom URL boleh dikosongi.